Rise of the Planet of the Apes (2011)

Ape alone… weak. Apes together strong.
– Caesar.

Gen-Sys adalah perusahaan yang berusaha untuk menciptakan obat dengan kode ALZ-112 bagi penderita Alzheimer. Tak disangka, ALZ-112 yang diberikan pada salah satu kera percobaan mereka, Bright Eyes, membuat Bright Eyes meningkat intelegensinya. Namun saat Bright Eyes menjadi tidak terkontrol dan menghancurkan laboratorium, proyek ini dibatalkan oleh Jacobs (David Oyelowo). Secara sepihak, Jacobs menyuruh seluruh anggota penelitian ALZ-112 untuk membunuh subjek penelitian dengan dana seminim mungkin. Merasa iba atas anak dari Bright Eyes, Franklin (Tyler Labine) membujuk Will Rodman (James Franco) untuk membawa anak Bright Eyes pulang. Ayah Will, Charles (John Lithgow) yang menderita Alzheimer merasa senang atas kehadiran kera barunya. Kera yang dinamainya Caesar (Andy Serkis) itu ternyata membawa gen dari ibunya, yang berarti Caesar memiliki tingkat intelegensi yang tinggi. Setelah diselidiki, ALZ-112 dapat meningkatkan intelegensi apabila tidak ada sel otak yang harus diperbaiki.

Selang beberapa tahun, Caesar sudah dapat berkomunikasi dengan Will melalui bahasa isyarat. Melihat perkembangan Caesar yang begitu pesat, Will akhirnya memutuskan untuk menyelundupkan beberapa tabung ALZ-112 dari laboratorium dan memberikannya pada ayahnya. Ajaib, dalam satu malam saja, Charles menunjukkan tanda-tanda bahwa penyakitnya sudah sembuh. Ia sudah bisa bermain piano dengan lancar, dan dapat berkomunikasi dengan lebih baik.

Suatu hari, Caesar ingin bermain dengan anak tetangga. Namun terkejut melihat seekor kera di rumahnya, Hunsiker (David Hewlett) mengejar-ngejar Caesar dan berhasil memukulnya. Tepat pada waktunya, Will dapat menghalau Hunsiker untuk bertindak lebih jauh lagi. Akhirnya Caesarpun dibawa ke dokter hewan Caroline (Freida Pinto). Merasa senang dengan dokter tersebut, Caesar ‘menjodohkannya’ dengan Will. Naas, sistem kekebalan Charles lambat laun menghancurkan ‘virus’ ALZ-112, sampai pada akhirnya Charles kehilangan kendali dan merusak mobil milik Hunsiker.Tidak terima dengan kejadian itu, Hunsiker memaki-maki Charles hingga Caesar naik pitam, dan menggigit jari Hunsiker hingga putus. Caesarpun harus dibawa ke tempat penampungan hewan, dan hidup bersama kera-kera lainnya.

Will menciptakan ‘virus’ baru yang lebih agresif dibandingkan ALZ-112, yakni ALZ-113. Virus ini bisa meningkatkan intelegensi kera jauh lebih cepat dari virus pendahulunya. Dengan virus ini, Caesar memimpin pasukan kera, untuk sebuah revolusi, revolusi untuk menundukkan umat manusia atas ulah-ulahnya.

Rise of the Planet of the Apes atau Planet of the Apes: Genesis ini adalah prequel dari Planet of the Apes (1968) ini seperti memberikan sesuatu yang segar, dengan teknologi baru, membuat kera-kera menjadi lebih realistis dibandingkan 6 film Planet of the Apes sebelumnya. Apalagi, ditambah akting dari Andy Serkis yang fantastik, apalagi dia spesialis dalam urusan akting di balik layar, seperti pada King Kong dan The Lord of the Rings series.

Sayangnya, Akting Freida Pinto dan James Franco terlihat kurang baik, dan terkesan kaku. Yang saya beri acungan jempol lainnya adalah Tom Felton, yang berperan sebagai Dodge Landon, pekerja di penampungan hewan. Mungkin image jahatnya sebagai Draco Malfoy masih terbawa sampai ke film ini.

Cerita yang disuguhkanpun dibilang mudah dimengerti, tapi tidak dangkal. Tidak seperti film-film prequel kebanyakan, cerita dari RotPotA ini dapat membawa emosi penonton hingga ke akhir film, apalagi didukung dengan scoring yang apik.

Singkat kata, Rise of the Planet of the Apes adalah suguhan pas untuk mengakhiri film film musim panas, dengan cerita yang pas, namun tidak muluk muluk, apalagi dangkal. Semoga saja pembuat film ini bersedia untuk membuat kelanjutan film ini sehingga membuat jembatan cerita yang berkesinambungan antara film ini dan Planet of the Apes.

4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s