The Number 23 (2007)

People only pray because they think God will help them if they do.
-Isaac French

Pernahkah Anda diliputi rasa penasaran dengan suatu angka tertentu? Hal itulah yag dialami oleh Walter Sparrow (Jim Carrey). Setelah pada hari ulang tahunnya, ia diberikan sebuah novel berjudul ‘The Number 23’ oleh istrinya, Agatha Sparrow (Virginia Madsen).  Dari situ, Walter menjadi tertarik dengan buku itu, apalagi karakter utama dari buku itu, Fingerling, mempunyai latar belakang yang hampir sama dengannya.

Walter menjadi semakin aneh ketika ia ikut terkena ‘kutukan’ angka 23. Hampir seluruh hal yang dilihatnya berhubungan dengan angka 23, contohnya saja tanggal ulang tahunnya yang merupakan 3 Februari, 2/3, 23. Untuk itu, Walter menemui Isaac French (Danny Huston), seorang teman dekat dari Agatha untuk bertanya mengenai fenomena angka 23 ini.

Hidup Walter makin dipengaruhi fenomena angka 23 tersebut saat kejadian-kejadian di buku itu semakin nyata, dan terus menghantui Walter – serta keluarganya, saat Walter terus menginvestigasi isi buku tersebut, dan mempercayai bahwa buku itu adalah buku tentang dirinya.

Plot cerita yang menjanjikan tidak dapat dieksekusi dengan baik oleh Joel Schumacher. Film berdurasi 101 menit inipun menjadi terasa lama saat saya menontonnya. Awal sampai pertengahan film sudah cukup membangun tense, namun sayang, plot yang seharusnya membuat penonton terus menebak-nebak kelanjutan dari cerita, seakan-akan terlalu bertele-tele dan membosankan – setidaknya itu yang saya rasakan saat menonton film ini.

Akting Jim Carrey yang serius juga menurut saya kurang pas, apalagi mengingat sebagian besar filmnya yang bergenre komedi – jadi terlihat nanggung. Terkadang, di beberapa scene masih terlihat mimik Jim Carrey yang seperti ingin melawak, entah itu hanya perasaan saya, atau memang bertingkah demikian.

The Number 23 adalah film tentang misteri angka 23 yang cukup seru, dan menegangkan. Namun, sayangnya tidak ada eksekusi yang maksimal dari Schumacher untuk film ini. Berminat untuk nonton film ini? Nampaknya film yang satu ini cocok bagi Anda yang gemar dengan misteri angka, maupun penggila matematika. Selebihnya? Saya rasa sih nothing special.

3/5

One thought on “The Number 23 (2007)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s