The Shawshank Redemption (1994)

Get busy living, or get busy dying.
– Andy Dufresne.

Andy Dufresne (Tim Robbins) adalah seorang bankir muda, mapan, serta mempunyai istri yang cantik. Sayang, ia harus dijebloskan ke dalam penjara dengan tuduhan membunuh istri beserta selingkuhannya. Shawshank, itulah nama penjara di mana Andy harus menghabiskan waktu setelah diberikannya tuntutan penjara seumur hidup. Tapi Andy memiliki jiwa tegar, serta pandangan yang optimis, bahwa suatu saat ia akan keluar dari penjara Shawshank.

Beruntung, dia bertemu Red (Morgan Freeman), seorang narapidana yang memiliki koneksi dengan dunia luar, terkenal sebagai penyalur barang-barang dari luar. Saat pertama bertemu dengan Red, Andy langsung meminta kepadanya sebuah barang, sebuath palu batu untuk membantu dirinya menghabiskan waktu di sel.

Di Shawshank, Andy melakukan segala cara untuk membuat dirinya nyaman dan tidak merasa seperti di dalam sebuah penjara. Salah satunya adalah membuat penghitungan pajak untuk kepala sipir Norton (Bob Gunton), dan membantu Brooks Hatlen (James Whitmore) dalam mengurusi perpustakaan penjara. Apa yang membuat dirinya menjadi seorang napi yang tidak biasa? Ia menulis surat tiap minggunya kepada senat setempat untuk memberikannya uang untuk membenahi perpustakaan, menjadi asisten pribadi Norton, dan menjadi orang yang disegani oleh seluruh napi Shawshank.

Kisah persahabatan Andy dan Red, serta perjuangan Andy menjadi seorang penghuni penjara menjadi cerita yang sangat indah di film ini. Tak disangka, film yang kesuksesannya di bioskop biasa saja, dapat bercokol di tangga teratas 250 film terbaik versi IMDb. Film arahan sutradara Frank Darabont ini sangatlah apik, dengan atmosfer penjara yang berasa pula.

Tim Robbins dan Morgan Freeman juga menunjukkan kualitas berakting tingkat tinggi, terlebih lagi Tim Robbins seperti dapat membawa image Andy Dufresne ke manapun. Tim adalah Andy, dan Andy adalah Tim, sebuah kesatuan yang sangat melekat. Image Andy yang dingin, namun ambisius dapat dimainkan dengan baik oleh Tim. Naskah yang ditulis juga sangat baik, tidak membuat saya merasa bosan – terpaut alurnya yang cukup lambat, serta bisa membuat saya tahu bagaimana kejamnya dunia penjara.

Setiap bagian di film ini dibuat dengan sangat baik, mulai dari cast yang sangat sesuai dengan karakter masing-masing, cerita yang sangat baik, konflik-konflik yang terjadi, sampai ke ending yang menyentuh hati.

The Shawshank Redemption memang sebuah masterpiece yang sangat apik, sangat pantas untuk menempati posisi 1 di IMDb, dan mungkin akan sulit untuk dilupakan. Bravo.

5/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s