Scream (1996)

What’s your favorite scary movie?
– Ghostface.

Hidup Sidney Prescott (Neve Campbell) berubah drastis setelah terjadi pembunuhan atas temannya, Casey (Drew Barrymore) dan Steve (Kevin Patrick Walls). Pembunuhnya hanya diketahui sebagai ‘Ghostface’, karena memakai topeng  dengan wajah hantu. Ghostface selalu menelepon korbannya, dan mengajaknya mengobrol hingga suatu saat, BAM! Muncullah Ghostface dengan sebilah pisau, yang siap untuk membunuh korbannya. Tak hanya sampai di situ, Sidney juga turut menjadi korban pengejaran Ghostface.

Wartawan televisi lokal, Gale Weathers (Courteney Cox) malah memperumit keadaan dengan terus melontarkan banyak pertanyaan kepada Sidney, dan mengaitkannya dengan kejadian 1 tahun lalu di saat ibu Sidney tewas dibunuh di balai kota.

Ghostface terus beraksi dengan serangkaian pembunuhan kejam, mengejar Sidney, dan membuat teror di kota kecil yang menjadikannya salah satu tokoh horror tervaforit sepanjang masa.

Skeptis memang, film horor dengan pembunuh bertopeng, mengejar korban-korbannya dan membantainya tanpa rasa belas kasih. Namun sebuah pengecualian untuk Scream. Sebuah film horor yang seharusnya menjadi horor cheesy berubah menjadi sebuah film yang tokohnya menjadi salah satu ikon dunia horor. Ya, sulit memang untuk bersaing di kancah horor, apalagi sampai membuat penonton selalu teringat dengan filmnya, itulah Scream.

Film garapan Wes Craven ini memang bisa dibilang sebuah terobosan, setelah banyaknya film horor pembunuhan di era 70-80an, film ini banyak mendapat respon positif dari penontonnya, termasuk saya sendiri. Saya dibuat enjoy dengan seluruh ceritanya, terus menerka-nerka siapa orang di balik topeng Ghostface, sampai dengan twist yang disuguhkan di akhir cerita. Ghostface berubah menjadi tokoh dengan topeng kacangan, menjadi tokoh ikonik yang sulit dilupakan.

Neve Campbell juga menunjukkan kualitas akting yang baik, begitu juga dengan Matthew Lillard. Neve dapat menunjukkan ekspresinya dengan baik saat dikejar-kejar Ghostface, dan juga Matthew Lillard dapat menunjukkan kegilaannya.

Scream adalah salah satu horor yang berkesan sepanjang masa, apalagi dengan Ghostfacenya. Sangat direkomendasikan untuk Anda penikmat horor, Scream tidak boleh dilewatkan dari watchlist Anda.

4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s