Africa United (2010)

Dudu: ” If we keep going, presto bingo bongo, we’re into South Africa.”

FIFA World Cup 2010 memang menjadi sebuah peristiwa yang berkesan bagi seluruh penggemar sepak bola di dunia. Apalagi ini adalah World Cup pertama yang diadakan di benua Afrika. Begitu pula dengan Dudu (Eriya Ndayambaje ), seorang penggemar sepakbola asal Rwanda yang menganggap dirinya adalah seorang manajer profesional. Saat temannya, Fabrice (Roger Nsengiyumva) sedang melakukan trik sepak bolanya di lapangan sekitar, seorang pencari bakat utusan FIFA dating menemuinya dan memberikan sebuah invitasi untuk ikut dalam seleksi Africa United di Kigali yang akan tampil dalam pembukaan World Cup.

Berangkat bersama dengan Beatrice (Sanyu Joanita Kintu) adiknya, mereka menaiki sebuah bus yang mengantar mereka menuju Kingali. Saat tiba di stadion yang dituju, mereka tidak menemukan seleksi Africa United yang mereka cari, melainkan sebuah tim bola lokal yang sedang latihan, dan tersadar bahwa mereka malah nyasar ke Kongo. Dari situ muncullah tekad mereka bertiga untuk menuju langsung ke Afrika Selatan dan melihat langsung World Cup 2010, serta mengalami petualangan seru dan teman-teman baru selama perjalanan.

Dibuka dengan scene lucu yang menampilkan cara Dudu membuat sebuah bola sepak dari kondom, kantong plastik dan tali, Africa United memberikan start yang baik dan menjanjikan untuk 88 menit durasi film. Namun sayangnya, plot yang terlalu datar dan skeptis membuat film ini cenderung membosankan walaupun banyak diselipkan adegan komedia di sana-sini.

Tanpa adanya pemain yang dikenal, dan hanya bermodalkan sinopsis yang menarik, saya cukup menikmati Africa United. Ditambah dengan tingkah lucu Dudu yang beralagak layaknya seorang bos dan mengatur berbagai hal walaupun akhirnya terjadi berbagai kekacauan karena ide-idenya.

Secara keseluruhan sebenarnya Africa United tidaklah begitu buruk, tapi juga tidak ‘wah’. Ditambah dengan adanya open ending yang baik, Africa United bisa menjadi salah satu pilihan menonton di waktu luang, terutama Anda pecinta sepak bola di manapun juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s