Ponyo (2008)

Ponyo: “Ponyo loves Sosuke!”

Ponyo (Noah Cyrus/ Yuria Nara), adalah seekor ikan mas yang hidup bersama saudara-saudaranya (ikan mas juga) dan ayahnya Fujimoto (Liam Neeson/ George Tokoro), seorang penyihir yang tinggal di lautan. Suatu hari, Ponyo dengan penuh rasa penasaran menumpangi ubur-ubur dan menjelajah dunia luar, sampai akhirnya ia tersangkut di dalam sebuah toples kaca dan diselamatkan oleh seorang anak laki-laki bernama Sosuke (Frankie Jonas/ Hiroki Doi).

Sosuke sangat menyayangi Ponyo, terutama karena dia hanya tinggal sendiri di rumahnya bersama ibunya, Lisa (Tina Fey/ Tomoko Yamaguchi), sementara ayahnya, Koichi (Matt Damon/ Kazushige Nagashima ) yang seorang pelaut jarang pulang dan sering membatalkan janji pulang. Sosuke terus melindungi Ponyo, dan membawanya kemanapun ia pergi, sampai suatu saat Ponyo diambil kembali oleh Fujimoto. Namun Ponyo berhasil masuk ke dalam ramuan dan menjadi manusia utuh yang dapat melakukan sihir.

Kedatangan Ponyo kembali ke daratan ternyata tidak menjadi sesuatu yang dibayangkan. Gelombang tinggi dan cuaca buruk menyertai kedatangan Ponyo sebagai seorang manusia. Bahkan, Fujimoto berpikir bahwa perubahan Ponyo sebagai manusia akan membuat ketidakseimbangan dalam alam semesta. Oleh sebab itu, Fujimoto meminta bantuan Granmamare (Cate Blanchett/ Yuki Amami) istrinya untuk membantu mengembalikan keadaan alam. Hanya rasa cinta dari Sosuke yang dapat membuat Ponyo menjadi manusia untuk selamanya.

Sebuah film produksi Studio Ghibli arahan Hayao Miyazaki (My Neighbor Totoro, Spirited Away) ini merupakan sebuah penceritaan ulang The Little Mermaid karya Hans C. Andersen dalam penggambaran ala Miyazaki. Cerita yang simpel, serta musik yang mengiringi scene demi scene di film ini tertata dengan sangat indah.

Seperti film-film produksi Studio Ghibli sebelumnya, Ponyo juga mempunyai animasi khas Ghibli yang tidak seperti animasi 3D kebanyakan (Pixar, Dreamworks, dll.), Ponyo yang rilis tahun 2008 ini masih menggunakan animasi 2D ala Ghibli.

Voiceover yang dilakukan oleh para aktor-aktris ternama Hollywood ini sebenarnya cenderung biasa, tapi ada nilai lebih yang diberikan kepada Noah Cyrus yang unyu banget suaranya :3,  dan Liam Neeson yang benar-benar membuat karakter Fujimoto menjadi lebih hidup dan karakter Fujimoto yang keras kepala dan ceroboh juga sangat pas dengan disuarakan oleh Neeson.

Secara garis besar, Ponyo adalah film keluarga yang sangat menarik, menyentuh, sekaligus menghibur dengan banyak adegan-adegan lucu dan khas kartun klasik Jepang. Penceritaan yang tidak bertele-tele, dan juga dekat dengan kehidupan sehari-hari membuat Ponyo menjadi salah satu animasi yang tidak boleh dilewatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s