Chronicle (2012)

Andrew Detmer: ” I’m an apex predator! “

Andrew (Dane DeHaan) adalah seorang pemuda penyendiri, sering dibully anak-anak di sekolahnya, dan punya keluarga yang berantakan. Ayahnya pensiunan pemadam kebakaran yang suka mabuk-mabukkan, sementara ibunya terbaring di ranjang karena sakit keras. Satu-satunya orang yang mengerti dia selain ibunya adalah sepupunya, Matt (Alex Russell). Untuk mengisi hari-harinya, Andrew merekam semua kejadian yang ada di sekitarnya, membawa kamera perekam besar ke manapun ia pergi.

Suatu malam, Andrew diajak ke sebuah pesta oleh Matt, dan seperti biasanya, Andrew tidak bisa menyatukan dirinya dengan lingkungan sekitar. Sampai Steve (Michael B. Jordan), seorang calon presiden sekolah datang meneuinya dan meminta bantuannya untuk merekam penemuan yang didapatkannya. Andrew beserta Steve dan Matt menemukan sebuah lubang misterius, dan memutuskan untuk menjelajahinya. Guess what? Mereka menemukan sebuah benda misterius bercahaya, dan mengeluarkan suara aneh.

Ketiga pemuda itu memiliki kekuatan telekinesis. Mereka bisa mengendalikan benda tanpa menyentuhnya, sebuah pelindung tak tampak di sekitar tubuh mereka, dan kekuatan untuk mengangkat diri mereka sendiri – terbang. Namun mereka seakan tidak bisa mengontrol kekuatan mereka, dan sisi jahat mulai muncul dan menguasai diri mereka.

Satu lagi film dengan format mockumentary. Walaupun sudah banyak film mockumentary bertema hantu, zombie, dan alien, namun sepertinya belum ada yang menjelajahi dunia kekuatan super. Terutama tidak hanya menonjolkan visual effects yang wah, tapi juga berani untuk menonjolkan emosi dari karakternya.

Dengan dasar cerita yang simpel namun dikembangkan dengan baik, Chronicle berhasil memikat hati saya. Tensi yang dibangun sangat pas, dari awal, tengah, sampai dengan akhir film. Meski banyak adegan yang cheesy, tapi Chronicle berhasil memainkan emosi dari karakter di dalamnya dengan sangat baik.

Jika membahas soal akting, DeHaan patut diberi perhatian khusus. Ekspresi yang dingin serta penuh ambisi dapat terlihat dengan sangat jelas sepanjang film. Bagaimana ia memerankan seorang anak yang depresi karena keluarganya yang hancur, dapat dijiwai dengan sangat baik.

Penyutradaraan yang baik oleh Josh Trank, cerita yang dikembangkan dengan dinamis, serta pendalaman karakter menjadikan Chronicle sajian segar dalam dunia per-superhero-an (walau bukan superhero juga sih). Durasi film yang hanya 84 menit sangatlah kurang karena masih banyak aspek-aspek yang dapat dieksplorasi di film ini. Enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s