Looper (2012)

Joe: “Never let your target escape… even if your target is you.”

Pada tahun 2044, orang-orang mendapat pekerjaan untuk melenyapkan orang yang datang dari 30 tahun yang akan datang. Mereka disebut Looper, dengan imbalan yang sepadan untuk pekerjaan kotor yang mereka lakukan. Teknologi perjalanan waktu sudah ditemukan di masa depan, dan teknologi ilegal ini hanya digunakan oleh para kriminal untuk melenyapkan target mereka. Meski begitu, pada akhirnya setiap Looper harus menutup ‘loop’ mereka dengan membunuh diri mereka sendiri yang dikirim dari masa depan.

Joe Simmons (Joseph Gordon-Levitt) adalah salah satu Looper terbaik yang ada, direkrut oleh Abe (Jeff Daniels) pada saat ia masih muda, Joe mengumpulkan batangan perak hasil bayaran ia menjadi Looper untuk rencananya hidup di Perancis di masa yang akan datang. Tak diduga, di tengah-tengah kehidupan suksesnya yang sedang ia jalani, Joe harus menutup loopnya. Adalah Joe dari masa depan (Bruce Willis) yang datang dari masa depan untuk dihabisi oleh Joe muda. Namun malang, Joe tua dapat melarikan diri dan Joe muda ditelantarkannya begitu saja olehnya.

Joe muda yang tidak dapat menutup loopnya dengan sempurna kini harus membunuh Joe tua sebelum Abe dan Kid Blue (Noah Segan) memburu dan membunuhnya untuk menutup loop Joe yang tidak dapat dilakukannya, seperti yang dilakukan kepada Seth (Paul Dano) yang tidak dapat menutup loopnya. Ternyata Joe tua datang dari masa depan untuk membunuh Rainmaker, seseorang misterius yang mengambil alih seluruh organisasi kriminal dan menutup loop tanpa ada alasan yang jelas. Joe tua ingin membunuh seorang anak kecil—yang kelak menjadi Rainmaker yang telah membunuh istrinya di 30 tahun yang akan datang. Pada suatu pertemuan, Joe tua memberi sebuah potongan peta kepada Joe muda dan memberitahunya bahwa Rainmaker muda mungkin tinggal di sana. Joe mudapun pergi ke tempat tersebut dan bertemu dengan Sara (Emily Blunt), dan anak laki-lakinya, Cid (Pierce Gagnon). Kini Joe muda harus melindungi Sara dan Cid dari Joe tua, sekaligus membunuh dirinya sendiri yang datang dari 30 tahun akan datang untuk menutup loopnya.

Film dengan tema time travel memang menjadi hal yang biasa dewasa ini. Namun, Rian Johnson sang penulis dan sutradara dapat meracik Looper menjadi sebuah film sci-fi tidak biasa. Sinematografi yang apik serta naskah yang digarap dengan baik membuat Looper direspon dengan baik oleh khalayak, terutama para kritikus. Durasi 118 menitpun tidak terasa lama saat berada di depan layar bioskop. Saya sendiri menikmati setiap akting dari JGL serta Bruce Willis.

Hal lain yang perlu diacungi jempol adalah make-up yang dikenakan pada wajah JGL yang membuatnya jauh lebih tua dari umurnya sekarang – bahkan struktur wajah JGL menjadi berbeda dengan hidung palsu yang dipakainya untuk menyerupai struktur wajah Bruce Willis.

 Rian Johnson tidak membutuhkan CGI serta special effects yang berlebihan untuk membuat Looper menjadi sajian kelas atas. Suasana kota pada tahun 2044 dan 2074 yang futuristik tidak begitu ditonjolkan dalam film ini, yang saya rasa akan merubah rasa dari Looper. Permainan emosi dari dakarakter-karakter yang ditampilkan di film ini juga menambah poin plus dari Looper, begitu juga dengan tone warna yang menambah kesan kelam yang ingin ditonjolkan di film ini.

Buang jauh-jauh pikiran bahwa Looper akan menjadi film yang membingungkan. Memang akan membutuhkan konsentrasi lebih dalam film ini, tapi Looper akan dapat dimengerti dalam sekali tonton. Bukan sebuah film sci-fi action biasa, Looper adalah gebrakan oleh Rian Johnson di tengah banyaknya film sci-fi action­ yang terlalu muluk-muluk, dan merupakan sebuah film kelas atas yang tidak boleh dilewatkan. Are you ready to kill yourself?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s