Confessions (自白) (2010)

image

Yuko Moriguchi: “Something important, on the inside, died.”

Mengutarakan sebuah pengakuan memang bukan merupakan sebuah hal yang mudah, apalagi pengakuan itu melibatkan orang lain. Begitupun halnya dengan Yuko Moriguchi (Takako Matsu), seorang guru sekolah yang membeberkan rahasia yang telah ia pendam selama ini sebelum ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari sekolah tersebut. Anak semata wayangnya telah tewas di tangan orang yang merupakan anak didiknya sendiri. Yukopun telah menyiapkan rencana balas dendam kepada orang yang telah menghancurkan hidupnya, sebuah rencana yang akan mengubah hidup banyak orang.

Confessions atau Kokuhaku adalah sebuah film yang merupakan rollercoaster emosi yang memainkan perasaan penonton dari awal hingga akhir film. Diawali dengan tempo lambat dan slow motion shot di sana-sini, diteruskan dengan twist yang cukup mengejutkan, tempo turun lagi, dan seterusnya. Walaupun menyajikan plot yang cenderung lambat, Tetsuya Nakashima sang sutradara merangkap penulis berhasil menyajikan sebuah suguhan cantik yang mampu membuat saya bertahan untuk mengikuti film ini dari awal hingga akhir. Film ini berkembang dari sebuah inti cerita yang bercabang menjadi banyak cerita-cerita lainnya.

Namun sayang, di samping sinematografi yang mantap dan storyline yang kokoh, akting para aktor-aktris di Confessions tidak ada yang begitu menonjol. Yang menarik perhatian saya hanyalah Takako Matsu, Kaoru Fujiwara dan Ai Hashimoto (well Ai Hashimoto karena ketertarikan pribadi sih #eh). Pemain lainnya tidak berhasil memberikan sesuatu yang ‘wah’ dan cenderung datar.

Hal lainnya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi saya adalah lagu Last Flowers yang dibawakan oleh Radiohead yang mengalun dengan sangat ciamik dan benar-benar cocok dengan suasana film ini. Banyak orang yang menilai bahwa film ini membosankan dan sangat datar, tapi saya pribadi sangat enjoy saat menontonnya. Twist bertubi-tubi yang diberikan Tetsuya juga menjadi ujung tombak film yang mendapatkan 6 nominasi di Asian Film Awards tahun 2011. Give applause to Tetsuya Nakashima-san!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s