My Neighbors the Yamadas (1999)

yamadas 2

Noboru Yamada: “The reason the Yamadas get along fine is because all three adults are nuts. If one of you were normal it would unbalance the rest.”

Kehidupan kita sehari-hari dalam keluarga memang tidak ada habisnya jika diceritakan. Ada saatnya kita bergembira, bersedih, ataupun ada juga saatnya kita merasa keluarga adalah segalanya dalam hidup kita. Kehidupan keluarga Yamada menjadi cerita utama dalam film ini. Kekocakan keluarga Yamada diceritakan dengan segar, seakan menertawakan diri sendiri yang sering melakukan hal serupa di kehidupan nyata.

Salah satu yang menarik adalah saat Takashi (Tôru Masuoka) hendak pulang dan menelpon keluarganya agar salah satu dari mereka membawakan payung untuk Takashi yang terjebak hujan di stasiun. Saat tidak ada yang mau membawakannya, Takashi memutuskan untuk pulang sendiri dan membeli payung di stasiun. Tapi saat perjalanan pulang, Takashi melihat Matsuko (Yukiji Asaoka), dan kedua anaknya, Nonoko (Naomi Uno) dan Noboru (Hayato Isohata) membawakan payung untuknya.

yamadas

segmen favorit!

Dengan animasi yang unik dan lain dari film animasi lainnya, My Neighbors the Yamadas yang diangkat dari komik strip karya Hisaichi Ishii disajikan dengan gambar yang lebih mendekati sketsa awal suatu gambar dibandingkan dengan gambar yang telah jadi seutuhnya. Namun, di situlah keunikan film arahan Isao Takahata ini. Sayapun mengalami ketertarikan terhadap film ini dari gambarnya yang ‘nyeleneh’. Musik yang mengalun dengan merdu juga ‘Jepang banget’, dan bikin nyaman (kayak minuman teh susu).

Tema keluarga yang menjadi tema utama film ini juga mengingatkan saya akan keluarga saya sendiri, yang sering mengalami kejadian serupa di film ini. Selisih satu sama lain, saling mengingatkan, dan juga kebersamaan yang terjalin di dalam keluarga. Karena terbagi ke dalam berbagai chapter-chapter kecil, My Neighbors the Yamadas lebih mirip seperti serial tv Jepang dengan tema keluarga yang sering ditayangkan di stasiun televisi swasta pada hari minggu pagi.

Meski banyak orang beranggapan ini bukan film terbaik Ghibli Studios, tapi My Neighbors the Yamadas menjadi salah satu film yang berkesan di hati saya. Tanpa harus muluk-muluk dengan tema yang ‘wah’, film ini berhasil mencuri hati saya. Heartwarming!

4 hearts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s