Comme un Chef (2012)

comme un chef 1

Jacky: “I’d prefer right-hand man. First Assistant isn’t bad either.”

Passionnya adalah dunia kuliner, dan memang itulah tujuan utama hidupnya. Namun, idealismenya membuat dirinya seringkali dipecat dari satu restoran ke restoran lainnya. Itulah Jacky (Michaël Youn), seorang koki yang harus mencari pekerjaan baru, atas tuntutan istrinya, Beatrice (Raphaëlle Agogué) yang tengah mengandung anak pertama mereka. Mau tidak mau, Jacky bersedia untuk melakoni pekerjaan apapun, termasuk menjadi seorang pengecat bangunan.

Di lain tempat, ada seorang chef terkemuka bernama Alexandre Lagarde (Jean Reno), yang kini dipusingkan karena bos barunya, Stanislas Matter (Julien Boisselier) ingin menyingkirkannya dengan cara membuat Lagarde kehilangan 1 bintang Michelinnya. Lagarde yang keras kepala dan seakan tidak memiliki jiwa yang membara lagi di dunia kuliner, terancam namanya karena kelakuan Stanislas. Jacky yang memang penggemar berat Lagarde mencoba untuk menolong Lagarde, tapi kehidupan pribadinya menjadi penghalang antara mereka berdua.

comme un chef 2

Dikemas dengan ringan dan lucu, Comme un Chef menjadi satu film yang asik buat ditonton, terutama para pecinta makanan. Sayangnya, meski mengusung kuliner sebagai tema utamanya, tidak begitu banyak sorotan pada makanan-makanan yang ada di film ini. Comme un Chef lebih banyak mendalami konflik Jacky dengan Lagarde dan istrinya, serta antara Lagarde dengan anaknya.

Sosok Jean Reno yang biasanya berwibawa dan kelihatan ‘serem’ juga tampil beda di film ini. Seorang Jean Reno menjadi Lagarde yang kolot dan keras kepala, namun pada akhirnya ‘nrimo’ walaupun ada rasa gengsi. Yang saya suka adalah trio koki panti jompo, yakni Serge Larivière, Issa Doumbia, dan Bun-hay Mean yang tampak oon karena gak begitu bisa masak dan seringkali dimarahin sama penghuni panti jompo.

Walaupun lumayan seru dan banyak humor segar, tapi Comme un Chef bukan merupakan film yang memorable, dan tergolong biasa saja. Kalau mau lihat sosok Jean Reno yang lain dari biasanya (ya selain Jean Reno jadi Doraemon di iklan televisi Jepang), maka film ini bisa jadi satu pilihan. Ngomong-ngomong, makanan molecular gastronomy ga terlihat enak. Wek.

3 hearts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s