Love for Beginners (今日、恋をはじめます) (2012)

love for beginners

Tsubaki Hibino: “So if we get married, my name will be.. Tsubaki Tsubaki?”

Seorang gadis lugu kutu buku dan tampangnya lucu (eaa) yang bernama Tsubaki Hibino (Emi Takei), memulai kehidupan baru di SMA baru. Seperti biasanya, Tsubaki yang anti sosial dan mencoba untuk tidak menonjol di antara teman sekelasnya, malah terlihat menonjol karena pakaiannya yang jadul dan rambutnya yang dikepang 2 membuatnya menjadi bahan pembicaraan orang-orang di sekitarnya. Murid dambaan seluruh wanita di sekolahnya, Kyota Tsubaki (Tori Matsuzaka), menggoda Tsubaki dan menjadikannya pacarnya.

Kyota mengubah Tsubaki yang culun dan ansos itu menjadi gadis menawan dan cukup populer di kalangan teman-temannya karena keahliannya dalam menata rambut. Sayangnya, semua itu dilakukan Kyota karena ia mempunyai sebuah niat di baliknya. Kisah cinta 2 remaja ini disajikan dengan lucu dan ‘nyeleneh’ seiring berlanjutnya hubungan mereka berdua, dan rahasia-rahasia yang tersimpan dalam diri mereka menjadi terkuak dan menjadikan hubungan mereka dinamis.

love for beginners 2

cie makan berduaan. *sirik*

Hmm, awalnya gw nonton film ini dengan tujuan buat liat Emi Takei doang, dan awalnya mengira film ini bakal jadi film remaja unyu biasa. Tapi akhirnya? Beda! Walaupun banyak adegan romantis, tapi film ini lebih banyak mengupas sisi pribadi dari Kyota dan Tsubaki. Lama-kelamaan, film arahan Takeshi Furusawa ini juga terlihat bandel seiring dengan perubahan sifat Tsubaki yang dari anak baek-baek jadi ‘bandel’. Gak tau juga apakah di cerita asalnya yakni manga berjudul sama karangan Kanan Minami juga ceritanya emang rada belok gini atau gimana.

Dikemas dengan unik, yakni dengan sound effects dan gambar pop-up lucu layaknya anime, adalah salah satu poin plus dari Love for Beginners. Film berdurasi 120 menitpun terasa cukup lama dan agak datar, bahkan berasa seperti ada 2 film berbeda yang disatukan dalam 1 judul besar. Film pertama tentang Tsubaki yang bertransformasi dari gadis culun menjadi cantik dan anggun, dan film kedua tentang problema pribadi Tsubaki dan Kyota.

Pemilihan aktor juga dirasa kurang tepat bagi gw sendiri. Tori Matsuzaka yang  menjadi Kyota dirasa kurang gagah dan tampan untuk menjadi cowok yang digila-gilai banyak orang. Meski begitu, Emi Takei cocok menjadi Tsubaki yang culun, lalu menjadi Tsubaki yang stunning banget. Musik yang ada juga mengalun dengan sangat enak, dan terasa sangat pas dengan adegan-adegan yang ada.

Secara garis besar, Love for Beginners atau 今日、恋をはじめます menjadi film yang unik, apalagi Emi Takeinya cakep bukan main (tetep). Setting Jepang yang dibikin sedemikian rupa supaya tetep berasa ‘Jepang banget’ juga menjadi salah satu eye candy di film ini. Cerita yang nyeleneh dan mengupas sisi lain dari kehidupan remaja Jepang, menjadikan film ini cocok ditonton jomblo yang lagi cari pacar #eh

3 hearts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s