House (ハウス) (1977)

house 1

Gorgeous: “Fanta, you’re fantasizing!”

Dipenuhi ide-ide absurd nan berlimpah, filmmaker Jepang tiada habisnya membuat film-film yang nyeleneh dan keluar jalur. Gorgeous (Kimiko Ikegami) yang hendak mengisi liburan musim panasnya bersama 6 orang temannya, Kung Fu (Miki Jinbo), Fantasy (Kumiko Ohba), Prof (Ai Matsubara), Melody (Eriko Tanaka), Mac (Mieko Sato), dan Sweet (Masayo Miyako), ke rumah bibinya (Yōko Minamida) yang terletak di kampung halaman ibunya.

Selayaknya film horor lain, kejadian aneh mulai terjadi saat mereka berada di rumah bibi Gorgeous. Mulai dari Mac yang menghilang, sampai dengan bibi Gorgeous yang berperilaku aneh, serta barang-barang yang berterbangan. Rumah aneh miliknya ini adalah rumah yang lapar akan gadis muda, dan ketujuh gadis ini akan menjadi korban selanjutnya. Muahahahaha *sound effect*

house 2

meow!

Ga ngerti lagi gimana jalan pikirnya Nobuhiko Ôbayashi. Pakai cerita yang anaknya buat, Ôbayashi bikin sebuah film horor yang unik, lucu, sekaligus absurd tiada duanya. Dengan editing yang nyeleneh dan kadang ga jelas, House menjadi sebuah film yang gak terbayangkan sebelumnya. Ditambah lagi dengan visual effects yang sengaja dibuat aneh sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Mengusung genre komedi-horor, film ini malah terasa bukan seperti film horor, tapi menonjolkan aspek-aspek komedinya. Ditambah jejeran pemain yang lucu-lucu, apalagi Kimiko Ikegami yang mirip Haruka Nakagawanya JKT48, bikin gw senyam-senyum sendiri setiap ngeliat dia. Yōko Minamida juga terlihat terlalu muda untuk jadi bibi yang harusnya udah uzur.

Visual effects kocak yang seakan melihat croppingan di photoshop serta jalan cerita yang unik menjadi karakter tersendiri bagi House. Gw sendiri sih ga terlalu suka sama House, tapi lumayan deh buat cari pengalaman baru dalam nonton film. Yang mau lihat orang ditelen piano di film ini, ya.. silahkan dicicipin sendiri deh.

3 hearts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s