Exam (2009)

exam 2

Invigilator: “There is one question before you, and one answer is required. If you try to communicate with myself or the guard, you will be disqualified. If you spoil your paper, intentionally or accidentally, you will be disqualified. If you choose to leave this room for any reason, you will be disqualified.”

8 orang dari latar belakang berbeda dikumpulkan dalam satu ruangan untuk mengerjakan sebuah ujian sebagai bentuk akhir rangkaian penyaringan sebuah posisi pekerjaan yang diinginkan banyak orang. Anehnya, tidak ada satu pertanyaanpun yang tercantum di kertas ujian yang disediakan oleh penyelenggara. Mereka harus menentukan cara terbaik untuk menyelesaikan ujian ini dalam 80 menit, berpacu dengan emosi, waktu, dan ego masing-masing kandidat.

exam 1

a paper and a… bloody pencil?

Premise yang bagus dan bikin penasaran membuat gw tertarik buat nonton film ini. Gak banyak hype dan ga begitu sering diomongin sama orang-orang, padahal ada sesuatu yang unik di film ini. Penonton diajak untuk ikut menebak-nebak jalan cerita yang makin membuat penasaran. Sayangnya, dialog yang ada cukup membuat bosan saat tengah-tengah film, dan untungnya tertolong dengan twist yang hadir di penghujung film.

Akting para pemainnya juga tergolong biasa saja, tapi Luke Mably cukup menonjol dengan perannya sebagai White yang brengsek itu. Film ini termasuk film yang meminimalisir pengeluaran dengan sedikit pemain yakni 10 aktor-aktris saja, dan setting tempat yang itu-itu saja.

Walau diujungtombaki twist di akhir yang bisa bikin gw bilang “Fak, ternyata ini toh.”, tapi sekedar kaget aja, ga bikin kagum sampe yang gimana gitu. Anyway, Exam cukup menarik untuk diikuti dari awal sampai akhir, apalagi tokoh Deaf yang sekilas mirip J. J. Abrams #eh. Take your pencil, write the answer, get the job.

3 hearts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s