Silent House (2011)

silent house

John: “Honey, it’s an old house.They make noises.”

Sebuah remake dari film dengan berjudul hampir mirip yakni The Silent House/ La Casa Muda, dan dibuat dengan teknik yang sama yakni long cut berdurasi 86 menit. Meski bisa dibilang jarang ada film yang menggunakan teknik long cut yang ekstrim semacam ini, dibutuhkan profesionalitas yang mantap dari setiap pemainnya agar tidak terjadi kesalahan walau kesalahan kecil sekalipun.

Selama 88 menit, penonton diajak untuk merasakan ketakutan yang dialami Sarah (Elizabeth Olsen) ketika ia dan ayahnya, John (Adam Trese), serta pamannya Peter (Eric Sheffer Stevens) memberesi rumah singgahnya yang akan dijual. Saat keadaan rumah sedang gelap gulita karena tidak adanya listrik, Sarah mendengar suara-suara aneh dan melihat sosok orang tidak dikenal di rumahnya. Keadaan makin menegangkan saat John dan Peter terlihat menutup-nutupi suatu rahasia yang mereka simpan dari Sarah. Apakah semua ini akal-akalan dari John dan Peter?

silent house 2

huhuhu…

Sayang banget, walau diembel-embeli long cut 86 menit nonstop (yang sebenernya long cut 10 menit tapi diedit sedemikian rupa), tidak ada hal yang berarti di Silent House. Gw sendiri belom pernah nonton La Casa Muda, tapi Silent House ini ga memberikan latar belakang karakter yang baik, dan juga pengembangan cerita yang bisa dibilang payah.

Bosan, itu hal yang dirasakan selama nonton film ini. Hanya bertumpu pada long cut, justru long cut itu sendirilah yang menjadi blunder bagi film arahan Chris Kentis dan Laura Lau ini. Banyak adegan yang tidak begitu penting namun tetap harus ada karena tidak dapat dicut begitu saja. Akting dari pemainnya juga biasa-biasa aja, kecuali Elizabeth Olsen yang tampak oke karena ‘berisi’. #eh

Senjata makan tuan, itulah Silent House. Berniat untuk membuat film yang tampak keren karena long cutnya, malah terjebak dengan situasi di mana penonton dibuat bosan olehnya. 86 minutes of disappointment, ditambah suara nangis Elizabeth Olsen yang annoying.

2 hearts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s