Juno (2007)

juno 1

Juno MacGuff: “It started with a chair.”

HIdup itu penuh konsekuensi dan pilihan. Kehidupan remaja yang penuh dengan pilihan-pilihan yang berdampak besar ke depan tentunya akan dialami setiap orang. Juno MacGuff (Ellen Page), gadis belia yang masih berada di masa-masa paling enerjiknya, harus menerima kenyataan bahwa ia kini hamil setelah berhubungan dengan Bleeker (Michael Cera). Tak mau dipenuhi masalah, tanpa pikir panjang Juno langsung mencoba untuk melakukan aborsi, tapi mengurungkan niatnya dan memilih untuk tetap mempertahankan si jabang bayi.

Dengan bantuan temannya, Leah (Olivia Thirlby), Juno mencari orang yang tepat untuk menjadi orangtua asuh dari calon anaknya. Junopun bertemu dengann Vanessa (Jennifer Garner) dan Mark (Jason Bateman), pasangan mapan dan serasi yang tidak memiliki anak walau sudah bertahun-tahun menikah. Juno harus berhadapan dengan tantangan yang akan dihadapinya, serta mencoba menjadi seorang wanita dewasa dan lepas dari sifat kekanak-kanakannya.

juno 2

“All babies have fingernails!”

Unik dan menghibur sekaligus bikin terenyuh. Kalo biasanya film-film dengan tema remaja yang hamil di luar nikah bernuansa agak dark dan suram, Juno dapat menjadi film yang segar dan menyenangkan. Sosok Juno yang ramah dan masih tampak seperti bocah jauh tidak seperti gadis-gadis di film lain yang mengalami nasib serupa seperti Juno. Ia tetap melihat ke depan dan berhasil menemukan jalan terbaik menurut dirinya.

Walau digarap hanya dengan budget sekitar $7,500,000, sutradara Jason Reitman dapat membawa sosok fiktif karangan Diablo Cody menjadi sangat real dan menyatu dengan baik dengan karakter-karakter yang ada di film ini. Tidak perlu kisah cinta yang berlebihan dan adegan-adegan yang bikin cewek-cewek bilang ‘awww…’ sepanjang film, Jason Reitman bisa membuat kisah romantis versi dia sendiri, dan terbukti, gw (yang notabene ga terlalu tertarik dengan film cinta-cintaan) berhasil dibuat terpikat dengan kisah cinta unik Juno-Bleeker yang gak biasa, bahkan terharu banget bisa liat sosok Bleeker yang emang cuek dan seakan gak peduli, bisa jadi romantis lewat caranya sendiri.

Ellen Page yang namanya melambung berkat perannya di film Hard Candy dan X-Men: The Last Stand, menjadi makin dikenal publik lewat karakter Juno, dan mungkin jika ada nama Ellen Page tercetus oleh seseorang, orang-orang akan lebih mengenal Ellen Page sebagai seorang Juno. Karakteristik Juno yang tengil dan childish menyatu dengan wajah imut Ellen Page menghasilkan satu karakter yang unik dan membawa Ellen Page ke nominasi Best Actress di Academy Awards 2008. Michael Cera yang tampangnya rada-rada cengo juga pas dengan Bleeker yang cool dan introvert. Pemilihan pemain untuk beradu akting di film ini dirasa sangat klop dan ada chemistry yang kuat antara satu orang dengan yang lainnya.

Soundtrack yang enak dan enjoyable ditambah opening credits yang unik dan digambarkan seperti sketch menjadi hal lain yang merupakan keunggulan dari film ini. Walau bergenre komedi, tapi gw sendiri ga gitu banyak ketawa dan lebih terbawa dengan suasana drama dan intrik antara Juno dan orang-orang di dekatnya. Juno mendapat 1 piala Oscar lewat kategori Best Screenplay, dan menjadi kandidat dari Best Picture, Best Director, dan Best Actress di ajang yang sama. Salah satu film yang bisa bikin gw terharu dan bisa memainkan emosi sepanjang 96 menit. Cakep deh pokoknya.

4 hearts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s