The Evil Dead (1981)

The Evil Dead 1

Linda: “We’re going to get you. We’re going to get you. Not another peep. Time to go to sleep.”

Film horor dengan unsur setan dan kawan-kawannya memang sudah menjadi formula paling sering ditemui di jagad perfilman. Begitu juga dengan The Evil Dead, Sam Raimi nekat membuat film ini di kala berumur 21 tahun dengan dana seadanya yang bisa dibilang minim banget yakni sekitar $375.000. Meminjam quote dari lagu Shonichi, “Usaha keras itu tak akan mengkhianati.”, Sam Raimi berhasil membuat sebuah film yang kelak menjadi cult dengan basis penggemarnya sendiri.

The Evil Dead dimulai dengan perjalanan Ash (Bruce Campbell) beserta 4 orang temannya yang hendak berlibur di sebuah pondokan yang disewanya dengan harga murah. Ketika tiba di sana, suasana yang tidak enak dan membuat bulu kuduk berdiri sudah muncul mengiringi mereka masuk ke dalam pondokan tersebut. Di dalamnya, mereka menemukan sebuah buku misterius dengan tulisan dan gambar aneh yang tidak mereka mengerti. Selain itu, ada juga perekam suara yang ditemukan bersama dengan buku tersebut.

Penasaran dengan isi dari rekaman suara yang mereka temui, malah petaka yang dijumpai. Rekaman tersebut ternyata berisi voice log dari orang sebelum mereka yang berada di tempat tersebut dan berhasil menerjemahkan tulisan yang ada di buku tersebut. Setelah terjemahannya terucap lewat rekaman suara, kekuatan gaib muncul dan merasuki mereka satu per satu, dan pada akhirnya terjebak dalam pondokan tersebut tanpa ada jalan keluar bagi mereka.

The Evil Dead 2

cilukbaaa…

The Evil Dead bisa dibilang proyek nekat tapi sukses bagi Sam Raimi sekaligus batu loncatan dia untuk terjun jadi sutradara kawakan Hollywood. Sam Raimi sempet kekurangan dana dalam penyelesaian film ini, dan melakukan banyak hal supaya The Evil Dead bisa selesai dan dirilis secara umum (walau akhirnya banyak dilarang tayang di beberapa negara). Walau begitu, film ini menjadi salah satu film horor dengan tingkat apresiasi paling tinggi dan digemari banyak orang, sampai diremake oleh Fede Alvarez di tahun ini dengan judul Evil Dead.

Dibuat dengan special effects yang pas-pasan dan bikin ketawa geli kalau dibandingin sama special effects zaman sekarang, The Evil Dead punya 2 unsur utama dalam film horor: Scoring dan momen ngagetin yang tepat. Scoringnya bikin bulu kuduk merinding dan dipadukan dengan adegan ngagetin yang nampol. Sayang, terkadang editingnya berasa kasar dan mengganggu kenyamanan nonton.

Akting pemain-pemainnya bisa dibilang standar dan ga ada yang spesial, bahkan sebagian besar pemainnya ninggalin proyek The Evil Dead ini di tengah jalan (mungkin gara-gara pesimis). Harus diakui, Sam Raimi bisa bikin film horor yang ‘menghantui’ penontonnya di masanya, bahkan di masa kini juga dengan gw sebagai contohnya. Ga tau kenapa dikasih rating NC-17, mungkin gara-gara di tahun segitu belom ada film horor yang sebangsat The Evil Dead.

Ya, The Evil Dead emang bangsat. Kalo ditonton, mungkin akan terucap serentet kata kasar dari mulut siapa saja. Bagi yang ngaku-ngaku pecinta horor, kayanya belom sah kalo belom nonton film yang satu ini. Penuh adegan di luar akal sehat, penuh darah dan susu yang keluar dari mulut mayat dan juga adegan cewe diho-ohin sama pohon, bakalan melekat banget sama film ini. Ga kebayang Raimi bisa banting setir dari film horor ke trilogi Spider-Man. *geleng-geleng*

4 hearts

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s